Tuesday, April 21, 2015

7 Aplikasi Android Yang Bisa Membuat Anda Makin Kreatif



Yoris Sebastian dalam bukunya 101 Creative Notes menejelaskan bahwa kreativitas bukanlah sebuah faktor bawaan. Kreativitas merupakan skill yang bisa dilatih dan semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi kreatif.

Di jaman yang serba digital, penggunaan media komunikasi sedikit banyak juga mempengaruhi kreativitas seseorang. Apalagi dengan semakin menjamurnya perangkat smartphone yang juga turut mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pengguna smartphone yang benar-benar smart tidak hanya menggunakannya sebagai media komunikasi atau bermain game saja. Smartphone dapat digunakan sebagai media untuk mendukung pekerjaan atau profesi tertentu.

Sifatnya yang mobile serta banyaknya aplikasi pendukung menjadikan smartphone primadona di kalangan masyarakat modern. Ditambah lagi harganya yang semakin merakyat dengan hadirnya brand-brand lokal yang mengadopsi platfrom Android. Sebagai salah satu pemimpin pasar di ranah ponsel pintar, Android memang punya banyak aplikasi yang bisa membuat penggunanya jadi lebih kreatif.

Melalui ponsel Android, pengguna dapat dengan mudah menemukan ide-ide serta wawasan baru yang pada akhirnya akan menumbuhkan ide kreatif baru.

Ide-ide tersebut kemudian dapat direkam dalam sebuah catatan singkat atau rekaman audio. Pengguna juga dapat merekam ide dalam bentuk visual dengan menyisipkan foto-foto kedalam catatan yang dibuat. Ide-ide yang ditampung tersebut kemudian dapat dikembangkan lebih lanjut serta dieksekusi kapanpun Anda mau.

Berikut ini beberapa aplikasi di smartphone Android yang bisa membuat Anda menjadi semakin kreatif.


1. Twitter

Semua orang sudah tahu kalau Twitter merupakan jejaring sosial paling up to date. Anda dapat menyaring konten-konten yang Anda anggap menarik dengan memanfaatkan fitur list di Twitter. Twitter merupakan media paling yahut untuk mengetahui hal-hal terbaru dari seluruh penjuru dunia. Berikut ini beberapa akun yang bisa memberikan Anda inspirasi tentang kreativitas (diambil dari buku 101 Creative Notes, Yoris Sebastian) @sethgodin, @fastcompany, @ideo, @rishad, @danielpink, @sirkenrobinson.


2. Google Currents

Google Currents dapat memberi Anda wawasan baru tentang apa-apa yang sedang terjadi. Anda dapat membaca hadline berita dari berbagai sumber inspiratif. Terdapat beberapa kategori headline berita yang dapat Anda pilih. Berita yang bagus dapat memberikan Anda ide-ide serta wawasan baru.


3. Evernote

Jika Anda menemukan sebuah ide baru, ada baiknya untuk segera merekam ide tersebut agar tak hilang. Otak manusia sangat sulit untuk mengingat banyak hal. Anda dapat merekam ide tersebut dalam bentuk tulisan maupun suara. Jika Anda mendapatkan ide dari koran tradisional, misalnya, Anda dapat mengambil gambar koran tersebut dan menyisipkan ke sebuah catatan. Evernote mampu mengcover kebutuhan Anda untuk mencatat ide-ide tersebut. Baik dalam bentuk tulisan, audio maupun dalam bentuk visual.


4. Skitch

Jika Anda lebih suka menuangkan ide dalam bentuk coretan, Anda dapat melakukannya di aplikasi Skitch. App ini masih satu keluarga dengan Evernote. Penerapannya juga dapat diintegrasikan dengan Evernote. Anda dapat memberi coretan pada sebuah foto maupun capture sebuah halaman web. Dan tentu saja Anda juga dapat memulai coretan Anda pada halaman kosong.


5. KBBI (Kamus Bahasa Indonesia)

Sebuah ide kreatif seringkali dimulai dari sebuah kata. Agar menjadi semakin kreatif Anda disararankan untuk sering bermain-main dengan kosa kata baru. Salah satu tempat untuk menemukan kosa kata baru adalah kamus. KBBI memiliki cukup banyak kosa kata yang bisa diakses secara offline.


6. Teka Teki Silang

Selain kamus, Anda juga dapat bermain dengan kata-kata melalui teka-teki silang. Beruntung, di Google Play Store terdapat beberapa aplikasi teka-teki silang yang dapat Anda gunakan. Dari teka-teki silang, kosa kata dan pengetahuan Anda tentang arti kata menjadi semakin luas.


7. Instagram

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi favorite untuk berbagi foto. Hubungannya dengan kreativias adalah Anda ditantang untuk memberikan efek foto yang paling pas dan sesuai dengan kondisi tertentu. Misalnya untuk foto bergaya retro Anda dapat menggunakan efek 1977. Silahkan bermain-main dengan imajinasi Anda untuk memberikan efek foto terbaik.


Sumber : http://informasikomputer.com/

0 komentar:

Post a Comment